Informasi Edukasi Melalui Internet

Monday, August 26, 2013

Carpon Bahasa Sunda Singkat

Carpon Bahasa Sunda Singkat - Carpon atau Carita Pondok atau dalam bahasa Indonesia cerpen (cerita pendek) adalah sebuah cerita dalam bahasa sunda yang memiliki alur cerita yang singkat. Carpon Basa Sunda memiliki banyak unsur yang berada didalamnya seperti halnya unsur-unsur dalam sebuah novel. Namun antara carpon dan novel tidaklah sama. Tentunya Anda sudah tahu apa perbedaan antara keduanya. Jelas dari namanya saja bahwa carpon merupakan cerita yang pendek sedangkan novel memiliki cerita yang lebih kompleks.

Pada artikel kali ini INDO NET EDU blog akan share tentang carpon bahasa sunda singkat yang mungkin akan bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari carpon pendek singkat.
Carpon yang akan dishare dibawah ini adalah carpon yang berjudul Carita Ti Hiji Makam. Karangan Aat Suwanto.

Carpon Bahasa Sunda Singkat

Carpon Bahasa Sunda Singkat - carpon pendek carpon basa sunda

Dibawah ini merupakan cuplikan carpon bahasa sunda singkat :
Di lembur kuring, kapisah ku Cibuyut - susukan leutik nu mun halodo caina ayeuna mah sok saat, pahareup-hareup jeung Masjid Kaum (disebut kitu, pedah eta masjid teh di lembur mah panggedena), aya hiji makam. Leutik makamna mah. Teuing makam naon ngaranna. Ngan nu jelas eta makam teh pikeun lembur kuring mah dipusti-pusti.
Makam karamat istilah gampangna mah. Pedah eta cenah, di dinya aya makam Eyang Jayalalana, karuhun nu geus boga jasa muka leuweung di lengkob Gunung Sawal ngajadi lembur gede nu ayeuna nelah Cihaurbeuti, lembur kuring tea. Malah cenah, ceuk kolot-kolot di lembur, geuning Eyang Jayalalana teh karuhun ti Pangeran Dipatiukur. Ku alatan geus dikaramatkeun tea, atuh teu sambarang jalma nu bisa dikurebkeun di eta makam. Iwal ti nu bener-bener sag.. (http://goo.gl/LosfH) 

Bagi Anda yang ingin mengetahui kelanjutan carpon bahasa sunda singkat ini, atau ingin mengunduh carpon basa sunda singkat ini silahkan ketik pada adress bar browser Anda http://goo.gl/LosfH
Terimakasih telah berkunjung di artikel ini, semoga cerpen dalam bahasa sunda yang singkat ini bermanfaat.Selamat membaca carpon dan mari budayakan ragam bahasa daerah kita masing-masing.

Carpon Bahasa Sunda Singkat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin