Informasi Edukasi Melalui Internet

Tuesday, August 30, 2016

Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium dan artinya

Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium dan artinya
Penyebab terjadinya kecelakaan di laboratorium bisa berasal dari luar maupun dari dalam diri seseorang. Padahal ada simbol-simbol yang menerangkan keterangan / arti pada simbol-simbol tersebut. Apa yang harus dilakukan pada saat terjadi kecelakaan, tidak dapat dirumuskan dalam kalimat yang sederhana. Guru harus menekankan kepada siswa bahwa mereka harus melaporkan sesegera mungkin semua kecelakaan, untuk mendapatkan perlakukan yang tepat dan memungkinkan guru untuk melakukan penyelidikan.
Untuk menciptakan keselamatan kerja ketika beraktivitas di laboratorium , kita harus mengikuti aturan keselamatan sebagai berikut:

Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium dan artinya
  1. Selalu mohon ijin kepada guru untuk memulai aktivitas.
  2. Pelajari prosedur yang akan kita lakukan. Bila ada yang belum paham, tanyakan kepada guru. Pahamilah beberapa simbol keselamatan (Gambar diatas) yang ditunjukkan pada berbagai tempat di laboratorium, misalnya di botol zat kimia atau bahan lain.
  3. Gunakan alat-alat keselamatan untuk melindungi diri, misalnya kacamata atau jas laboratorium.
  4. Jika kamu memanaskan tabung reaksi, jangan arahkan mulut tabung ke arahmu atau temanmu.
  5. Jangan pernah makan atau minum di dalam laboratorium. Jangan sekali-kali menghirup atau mengecap zat kimia.
  6. Jika kamu menumpahkan zat kimia, segera bersihkan dengan air. Laporkan segera kepada gurumu.
  7. Kenalilah tempat alat-alat yang diperlukan untuk keperluan darurat seperti pemadam kebakaran, kotak P3K, mantel api, semprotan keselamatan, dan alarm kebakaran. Jauhkan semua bahan dari api.
  8. Bagi yang berambut panjang, ikatlah rambutmu ke belakang.
  9. Jika terjadi kebakaran di dalam kelas atau jika baju terjilat api, padamkanlah dengan mantel kebakaran atau semprotkan dengan penyemprot keselamatan bila ada. Jangan langsung lari meninggalkan api.
  10. Laporkan setiap kecelakaan sekecil apapun kepada gurumu.
Sekian artikel tentang simbol keselamatan kerja di lab dan artinya , semoga bermanfaat dan berhati-hatilah ketika beraktivitas di laboratorium.

Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium dan artinya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin