Informasi Edukasi Melalui Internet

Monday, May 18, 2015

Pengertian Destilasi dan Kristalisasi

Pengertian Destilasi dan Kristalisasi - Setelah sebelumnya ku isi blog share tentang cara penyaringan, selanjutnya yaitu tentang pengertian destilasi dan kristalisasi yang masih berhubungan dengan pemisahan campuran tentunya.
Apa itu destilasi? definisi destilasi? Contoh destilasi?

Pengertian Destilasi
Destilasi atau penyulingan adalah suatu cara pemisahan campuran yang didasarkan pada perbedaan titik didih komponen-komponen penyusun campuran. Jadi, destilasi ini digunakan untuk memisahkan campuran dari dua atau lebih cairan yang mempunyai titik didih berbeda.

Pemisahan spiritus yang bercampur dengan air dapat dilakukan dengan cara destilasi. Campuran spiritus dengan air kita masukkan dalam labu destilasi, kemudian dipanaskan. Proses yang terjadi adalah campuran air dan spiritus dipanaskan hingga suhu 80oC sehingga spiritus menguap sedang air belum menguap. Uap spiritus didinginkan dalam pendingin Liebieg, sehingga mengembun dan menetes di tabung erlenmeyer. Zat yang dihasilkan dari destilasi yang disebut destilat. Salah satu contoh destilasi terbesar saat ini adalah proses pengolahan minyak bumi menjadi fraksi-fraksi minyak bumi, seperti LPG, bensin, minyak tanah, solar, pelumas, dan aspal.

Pengertian Kristalisasi
Apa itu kristalisasi? Definis Kristalisasi? Contoh Kristalisasi? Kristalisasi ini banyak dilakukan oleh para pembuat garam/petani garam. Garam dihasilkan melalui cara menguapkan air laut. Prosesnya sederhana, yaitu sebagai berikut. Mula-mula air laut dialirkan ke tambak-tambak dan dibiarkan menguap karena panas matahari hingga beberapa hari. Setelah semua air menguap, akan dihasilkan kristal-kristal garam.

Pengertian Destilasi dan Kristalisasi
Gambar Ilustrasi Destilasi
Pengertian Destilasi dan Kristalisasi (pengkristalan)
Gambar Ilustrasi Kristalisasi (pengkristalan)

Pengertian Destilasi dan Kristalisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin