Informasi Edukasi Melalui Internet

Sunday, August 25, 2013

Cara Penyaringan Air Sederhana - Penjernihan Air

Penyaringan Air Sederhana - Cara Penjernihan Air - Air merupakan salahsatu sumber kehidupan manusia agar dapat bertahan hidup. Tanpa air tubuh manusia, hewan dan tumbuhan akan kekurangan cairan yang akan mengakibatkan kepunahan makhluk hidup. Nah, kali ini admin akan memberikan informasi tentang cara penyaringan air sederhana atau cara penjernihan air secara tradisional dan alami.

Penyaringan
Pernahkah Anda membuat santan? Setelah kelapa diparut kemudian ditambah air dan diperas. Untuk memisahkan air santan dari ampasnya dilakukan dengan memeras di atas alat penyaring. Perhatikan orang yang sedang membangun rumah. Sebelum pasir dicampur dengan semen, pasir tersebut terlebih dahulu disaring untuk memisahkan pasir dan kerikil.
Pemisahan air santan dan ampasnya serta pemisahan pasir dan kerikil merupakan contoh pemisahan campuran dengan cara penyaringan. Pemisahan campuran dengan penyaringan didasarkan pada perbedaan ukuran partikel zat-zat penyusun campuran. Partikel yang mempunyai ukuran lebih kecil akan lolos saringan dan partikel yang lebih besar akan tertinggal pada saringan. Cara pemisahan dengan cara penyaringan ini dapat dilakukan untuk memisahkan padatan yang mempunyai ukuran berbeda dan untuk memisahkan padatan dengan cairan.
Pemilihan ukuran penyaring disesuaikan dengan ukuran zat-zat yang akan dipisahkan. Saringan untuk memisahkan pasir dan kerikil akan berbeda dengan saringan untuk memisahkan santan dengan ampasnya. Di laboratorium, untuk memisahkan padatan dan cairan digunakan kertas saring.
Pemisahan zat-zat yang mempunyai perbedaan kelarutan juga dapat dilakukan dengan penyaringan. Misalnya memisahkan garam yang bercampur pasir, dimana garam mudah larut dalam air sedangkan pasir tidak larut. Campuran tersebut dimasukkan dalam air, garam akan larut sedangkan pasir tidak. Setelah disaring pasir akan tertinggal di kertas saring, dan air garam lolos menembus kertas saring. Zat yang tertahan di kertas saring dinamakan residu dan cairan yang dapat menembus kertas saring dinamakan filtrat.
Prinsip pemisahan campuran dengan cara penyaringan dapat digunakan untuk menjernihkan air kotor. Saringan yang digunakan berupa pasir, kerikil dan ijuk.

Cara Penyaringan Air Sederhana - Cara Penjernihan Air

Cara Penyaringan Air Sederhana - Penjernihan Air

Beberapa cara dapat dilakukan untuk menjernihkan air. Penjernihan yang umum dilakukan adalah dengan penambahan tawas. Tetapi untuk keperluan yang rutin, tawas terlalu mahal. Untuk mengatasi persoalan tersebut dapat dilakukan penjernihan air dengan menerapkan prinsip penyaringan.

Cara Penyaringan Air Sederhana - Cara Penjernihan Air
Alat dan Bahan
- Botol air mineral 1,5 liter
- Pasir
- Kerikil
- Ijuk
- Air kotor

Prosedur
1. Potong bagian bawah botol mineral
2. Potong-potong ijuk sepanjang 5 cm
3. Cuci pasir dan kerikil hingga terbebas dari lumpur (tanah)
4. Masukkan ijuk, kerikil, dan pasir ke dalam botol seperti gambar di samping
5. Masukkan air kotor ke dalam botol
6. Tampung air yang mengalir lewat mulut botol.
Bandingkan kejernihan air sebelum dilewatkan botol dengan air yang keluar dari botol

Pengamatan
1. Apakah air kotor yang digunakan tergolong campuran?
2. Mengapa setelah dilewatkan pasir, kerikil dan ijuk air menjadi lebih jernih?
3. Proses apa yang terjadi?

Sekian artikel tentang Cara Penyaringan Air Sederhana - Cara Penjernihan Air, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda.

Cara Penyaringan Air Sederhana - Penjernihan Air Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin