Informasi Edukasi Melalui Internet

Wednesday, August 28, 2013

Perbedaan Pengertian Kecepatan Kelajuan dan Percepatan

Perbedaan Pengertian Kecepatan Kelajuan dan Percepatan - kecepatan adalah perubahan posisi atau kedudukan selama selang waktu tertentu. Kecepatan memiliki besar dan arah. Besar kecepatan lazim disebut kelajuan. Misalnya, seseorang berlari 5 m/s ke arah timur. Kelajuan orang tersebut 5 m/s, sedangkan kecepatannya 5 m/s ke timur. Jadi, kecepatan adalah kelajuan yang disertai arah .
Untuk mengetahui kelajuan gerak suatu benda harus dilakukan pengukuran. Speedometer pada kendaraan bermotor merupakan contoh alat pengukur kelajuan.
Kelajuan yang terbaca pada speedometer disebut kelajuan sesaat, yaitu kelajuan yang terukur pada satu saat tertentu. Untuk menyatakan kecepatan suatu gerak, juga harus memperhatikan titik acuan. Contohnya ketika naik bus. Ketika berada dalam bus dan perhatikan ke luar jendela, terlihat seolah-olah pohon-pohon bergerak seperti berjalan. Apakah pohon-pohon tersebut memang bergerak?. Gerak pohon sebagaimana yang terlihat itu disebut gerak semu. Bandingkan dengan gerak matahari mulai terbit hingga tenggelam!
Bila dalam bus kita juga bergerak, ternyata kecepatan gerak kita tidaklah sama bila dilihat oleh penumpang dalam bus dan oleh orang yang berdiri di pinggir jalan. Inilah yang disebut kecepatan relatif.

Dalam kehidupan sehari-hari, hampir tidak pernah ditemukan benda yang bergerak dengan kelajuan tetap. Bila gerak memiliki kelajuan berubah-ubah, cara terbaik menyatakan kelajuan tersebut adalah dalam bentuk kelajuan rata-rata. Kelajuan rata-rata menyatakan jarak total yang ditempuh dibagi dengan waktu total yang dibutuhkan untuk menempuh jarak tersebut.

Perbedaan Pengertian Kecepatan Kelajuan dan Percepatan
Gambar Ilustrasi

Misalnya, ketika naik sepeda motor menempuh jarak 5 kilometer, dengan arah tetap. Mula-mula kelajuannya 0 km/jam, kemudian meningkat hingga 15 km/jam. Suatu saat ada orang menyeberang jalan, lalu mengerem sehingga kelajuannya turun menjadi 12 km/jam. Saat yang lain kemudian menambah gas sepeda motor sehingga kelajuannya menjadi 35 km/jam. Sampai di tempat tujuan lalu berhenti. Bila waktu yang di butuhkan untuk menempuh perjalanan tersebut 15 menit atau seperempat jam, berapakah kelajuan rata rata sepeda motormu selama perjalanan?
Berdasar uraian di atas, kelajuan rata-rata sepeda motor adalah 5 km dibagi seperempat jam, yakni 20

Bila kamu bergerak menempuh jarak s, dalam selang waktu t, maka kelajuan rata-rata v dapat ditentukan dengan
V = s/t
Berdasar persamaan di atas, hubungan antara s (jarak), v (kelajuan) dan t (waktu) dapat pula dituliskan dengan persamaan s = v x t.
Satuan jarak adalah meter, satuan waktu sekon, maka satuan kelajuan adalah meter per sekon (m/s). Karena kecepatan dan kelajuan hanya dibedakan oleh arahnya, maka satuan kecepatan juga sama dengan satuan kelajuan, yaitu m/s.

Percepatan
Percepatan menyatakan laju perubahan kecepatan, atau menyatakan perubahan kecepatan per satuan waktu.
Percepatan sebuah benda ditentukan dengan membandingkan perubahan kecepatan benda tersebut terhadap waktu yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan kecepatan itu.
Bila percepatan suatu benda searah dengan kecepatannya, maka kecepatan benda tersebut akan semakin besar, berarti gerak benda semakin cepat. Percepatan semacam ini disebut percepatan positif. Sedangkan, bila percepatan suatu benda berlawanan arah dengan kecepatannya, berakibat kecepatan benda tersebut akan semakin kecil. Gerak benda semakin lambat. Percepatan semacam ini disebut percepatan negatif. Percepatan negatif lazim disebut perlambatan, sedangkan percepatan positi lazim disebut percepatan.

Menghitung percepatan

Besar percepatan ditentukan oleh dua hal, yaitu besarnya perubahan kecepatan dan selang waktu terjadinya perubahan itu. Bila dalam selang waktu singkat terjadi perubahan kecepatan benda yang sangat besar, maka gerak benda tersebut mengalami percepatan yang sangat besar pula.
Untuk menghitung besar percepatan rata-rata, bagilah besarnya perubahan kecepatan yang dihasilkan dengan selang waktu yang dibutuhkan untuk mengubah kecepatan tersebut.

Percepatan dan perlambatan.
Besarnya percepatan positif (percepatan) percepatan negatif (perlambatan)

Soal Latihan:
perubahan kecepatan diperoleh dari kecepatan akhir (vt) dikurangi kecepatan perubahan kecepatan diperoleh dari kecepatan ahir (vt) dikurangi kecepatan awal (vo), sehingga Perbedaan Pengertian Kecepatan Kelajuan dan Percepatan

Berdasar persamaan percepatan di atas dapat diturunkan satuan percepatan. Bila perubahan kecepatan dinyatakan dalam satuan meter per sekon (m/s) dan selang waktu dinyatakan dalam satuan sekon (s), maka satuan untuk percepatan adalah meter/sekon/sekon. Satuan ini biasanya ditulis m/s2 dan dibaca “meter per sekon kuadrat.”
Dari persamaan percepatan tersebut kamu juga dapat melihat bahwa percepatan suatu benda akan bernilai positif bila kecepatan akhir benda lebih besar dibanding kecepatan awalnya. Dan, percepatan suatu benda akan bernilai negatif bila kecepatan akhir benda lebih kecil dibanding kecepatan awalnya.

Contoh soal:
Kecepatan sebuah mobil berubah dari 36 km per jam menjadi 54 km per jam dalam waktu 10 sekon. Hitunglah percepatan mobil tersebut!
1. Diketahui: kecepatan awal,
vo = 36 km/jam
   = 36.000m/3.600s
   = 10 m/s
kecepatan akhir,
vt = 54 km/jam
   = 54.000 m/3.600 s
   = 15 m/s
selang waktu, t = 10 s
2. Ditanya : percepatan, a = ?
3. Penyelesaian : Perbedaan Pengertian Kecepatan Kelajuan dan Percepatan Jadi percepatan mobil tersebut 0,5 m/s2

Sudah mengerti tentang perbedaan kecepatan, kelajuan dan percepatan? Bila belum mengerti silahkan teliti lagi pengertian dari keceapatan pengertian dari kelajuan dan pengertian dari percepatan. Semoga bermanfaat.

Perbedaan Pengertian Kecepatan Kelajuan dan Percepatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin