Informasi Edukasi Melalui Internet

Wednesday, February 25, 2015

Pengertian Politik Menurut Para Ahli

Definisi Politik - Pengertian Politik Menurut Para Ahli - Apa itu Politik? politik adalah proses pembagian dan juga pembentukan kekuasaan di dalam masyarakat yang diantaranya mempunya wujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam suatu negara. Pengertian tersebut merupakan usaha penggabungan antara berbagai macam definisi yang berbeda tentang hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Selain daripada itu politik juga bisa dilihat dari sudut pandang yang tidak sama, yakni diantaranya:

  • Politik yaitu suatu usaha yang ditempuh warga negara agar kebaikan bersama terwujud (teori klasik Aristoteles)
  • Politik yaitu hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • Politik yaitu kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • Politik yaitu segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Pengertian Politik Menurut Para Ahli


Pengertian Politik Menurut Para Ahli - Definisi Politik Meurut Para Ahli

  1. Rod Hague, Politik adalah kegiatan yang menyangkut cara bagaimana kelompok-kelompok mencapai keputusan-keputusan yang bersifat kolektif dan mengikat melalui usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.
  2. Andrew Heywood, Politik adalah kegiatan suatu bangsa yang bertujuan untuk membuat, mempertahankan, dan mengamandemen peraturan-peraturan umum yang mengatur kehidupannya, yang berarti tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerjasama.
  3. Carl Schmidt, Politik adalah suatu dunia yang didalamnya orang-orang lebih membuat keputusan - keputusan daripada lembaga-lembaga abstrak.
  4. Litre, Politik didefinisikan sebagai ilmu memerintah dan mengatur negara
  5. Robert, Definisi politik adalah seni memerintah dan mengatur masyarakat manusia
  6. Ibnu Aqil, Politik adalah hal-hal praktis yang lebih mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan meskipun tidak digariskan oleh Rosulullah S.A.W
  7. Harold D. Laswell dan A. Kaplan, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang pembentukan dan pembagian kekuasaan.”
  8. W.A Robson, Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan dalam masyarakat, yaitu sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasil. Fokus perhatian sarjana ilmu politik, tertuju pada perjuangan untuk mencapai atau mempertahankan kekuasaan, melaksanakan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain, atau menentang pelaksanaan kekuasaan itu.
  9. Bluntschli, Garner dan Frank Goodnow, Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan;
  10. Seely dan Stephen Leacock, Ilmu politik merupakan ilmu yang serasi dalam menanggani pemerintahan.
  11. Paul Janet, Ilmu politik sebagai ilmu yang mengatur perkembangan Negara begitu juga prinsip- prinsip pemerintahan.
  12. R.N. Gilchrist; dan Lasswell, Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari pengaruh dan kekuasaan, serta ilmu yang mengkaji teori dan fakta tentang akumulai kekuasaan. bagaimana sebuah rezim memperoleh kekuasaan, mengelola dan mempertahankan kekuasaan tersebut dari rezim lain yang bersaing
  13. Miriam Budiardjo, ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang perpolitikan. Politik diartikan sebagai usaha-usaha untuk mencapai kehidupan yang baik.
  14. Goodin, Ilmu politik dapat diartikan sebagai sifat dan sumber paksaan serta cara menggunakan kekuasaan social dengan paksaan.
  15. David Eston, Ilmu politik adalah studi mengenai terbentuknya kebijaksaan umum.
  16. Roger F. Saltou, Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan negara dan lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan itu, hubungan antara negara dengan warga negaranya serta negara dengan negara lain. 
  17. Wilbur White, Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari asal mula, bentuk-bentuk dan proses-proses negara dan pemerintah.
  18. Gilchrist, Ilmu politik adalah ilmu mengenai negara dan pemerintah
  19. Adolf Grabowsky, Ilmu politik adalah menyelidiki negara dalam keadaan bergerak.
  20. Golongan pendefinisian institusional ini mempelajari lembaga-lembaga politik dengan negara sebagai pusat pembahasannya. Pembahasan dimulai dengan asal mula negara, hakikat negara, sejarah dan tujuan, serta bentuk-bentuk negara sampai dengan penyusunan deduksi-deduksi tentang pertumbuhan dan perkembangan negara.
  21. Menurut Bluntschli, Garner dan Frank Goodnow menyatakan bahwa ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari lingkungan kenegaraan.
  22. J.Barents,ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan suatu negara yang merupakan bagian dari kehidupan masyarakat;ilmu politik mempelajari negara-negara itu melakukan tugas-tugasnya.
  23. Goodin,ilmu polituk merupakan penggunaan kekuasaan sosial secara paksa. Jadi, ilmu politik dapat diartikan sebagai sifat dan sumber paksaan itu serta cara menggunakan kekuasaan social dengan paksaan tersebut.
  24. Sri Sumantri,ilmu politik adalah pelembagaan dari hubungan antar manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik baik suprastruktur politik dan infrastruktur politik.
  25. Isjware,ilmu politik adalah perjuangan untuk memperoleh kekuasaan atau teknik menjalankan kekuasaan-kekuasaan atau masalah-masalah pelaksanaan dan kontrol kekuasaan / pembentukan dan penggunaan kekuasaan.
  26. Ossip K.Flechteim,ilmu polotik adalah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan dari negara sejauh negara merupakan organisasi kekuasaan,beserta sifat dan tujuan gejala-gejala kekuasaan lain yang tak resmi yang dapat mempengaruhi negara.

Ilmu Politik Secara Teoritis

Ilmu politik secara teoritis terbagi kepada dua yaitu :
  • Valuational artinya ilmu politik berdasarkan moral dan norma politik. Teori valuational ini terdiri dari filsafat politik, ideologi dan politik sistematis.
  • Non valuational artinya ilmu politik hanya sekedar mendeskripsikan dan mengkomparasikan satu peristiwa dengan peristiwa lain tanpa mengaitkannya dengan moral atau norma.
Sekian artikel pembahasan kali ini tentang definisi politik menurut para ahli - pengertian politik menurut para ahli.
Terimakasih telah berkunjung di INDO NET EDU Blog.

Pengertian Politik Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin