Informasi Edukasi Melalui Internet

Thursday, July 4, 2013

Contoh Hewan Tidak Bertulang Belakang - Avertebrata

Contoh Hewan Tidak Bertulang Belakang - Hewan Avertebrata - Binatang atau hewan yang ada di Bumi memiliki jenis atau kelompok yang dapat dibedakan sat dengan binatang yang lainnya.
Avertebrata atau invertebrata merupakan istilah yang dikemukakan oleh Chevalier de Lamarck yang bertujuan untuk menunjuk pada hewan atau binatanag yang tidak mempunyai tulang belakang.
Avertebrata (invertebrata) yaitu semua spesies hewan kecuali hewan vertebrata seperti : reptil, amfibia, mamalia, aves dan pisces.

Avertebrata mencakup kurang lebih 97% dari total kingdom Animalia. Lamarck kemudian membaginya dalam dua kelompok yang terdiri dari Insecta atau serangga dan juga Vermes atau Cacing. Namun sekarang ii avertebrata menjadi diklasifikasikan ke dalam lebih dari 30 sub-fila dari mulai organisme sederhana layaknya porifera dan juga cacing pipih sampai organisme yang lebih kompleks seperti mollusca, athropoda, dan echinodermata.

Filium Dalam Klasifikasi Avertebrata

  1. Annelida
  2. Athropoda
  3. Coelenterata
  4. Echinodermata
  5. Mollusca
  6. Nemathelminthes
  7. Platyhelminthes
  8. Porifera
  9. Protozoa

Ciri Ciri Hewan Avertebrata

Hewan Avertebrata mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  • Susunan syaraf terletak di bagian ventral (perut) di bawah saluran pencernaan.
  • Otak tidak dilindungi oleh tengkorak.
  • Umumnya memiliki rangka luar (eksoskeleton)
  • Tidak bertulang belakang.

Contoh Hewan Avertebrata

Kita dapat menjumpai berbagai hewan avertebrata di lingkungan sekitar kita seperti serangga, cacing hydra, cumi-cumi, ubur-ubur, dan juga masih banyak hewan yang termasuk kedalam jenis ini.




Dari penelitian yang lebih lanjut di bidang taksonomi menerangkan bahwa banyak hewan invertebrata yang memiliki ikatan dengan dengan jenis vertebrata daripada dengan avertebrata (invertebrata)

Sekian artikel kali ini yang membahas tentang contoh hewan tidak bertulang belakakang (avertebrata).
Semoga artikel ini akan bermanfaat menambah wawasan Anda dalam bidang sains dan juga artikel ini dapat dijadikan sebagai referensi dalam pembuatan makalah yang berkaitan dengan hewan tidak bertulang belakang atau avertebrata.

Contoh Hewan Tidak Bertulang Belakang - Avertebrata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin