Informasi Edukasi Melalui Internet

Thursday, July 25, 2013

Pengertian Dan Manfaat Globe

Pengertian Dan Manfaat Globe - Pengertian Globe, Globe adalah gambaran bumi yang diperkecil dengan bentuk yang hampir mendekati keadaan bentuk bumi. Globe berbentuk bola yang dapat berputar dan menggambarkan bola bumi, bola langit, bulan, atau suatu planet di ruang angkasa.

Manfaat Globe


• Globe dapat dimanfaatkan untuk kepentingan politik, yaitu globe yang memuat batas-batas negara (lihat : Pengertian Negara) dan kota-kota besar dari negara-negara di dunia.
• Globe dapat digunakan sebagai alat peraga di dunia pendidikan untuk mempermudah pemahaman tentang bumi dan planet di ruang angkasa.
• Globe juga digunakan sebagai sumber ilmu pengetahuan karena globe dapat menggambarkan iklim, vegetasi, arus laut, dan unsur-unsur geografis lainnya.
Globe dapat dibedakan berdasarkan cara globe diletakkan, yaitu globe bertiang, globe gantung, dan globe beralas. Dari ketiga jenis globe ini yang banyak digunakan adalah globe bertiang.

Macam Macam Kedudukan Globe



Pengertian Dan Manfaat Globe 
Bentuk globe yang bulat sangat membantu kita dalam memahami bahwa bentuk bumi itu bulat.
Pada globe terdapat dua garis saling berpotongan yang disebut garis lintang (paralel) dan garis bujur (meridian). Kedua garis tersebut sangat berguna untuk menemukan letak suatu kota atau daerah di permukaan bumi. Misalnya, Kota Madrid terletak pada 40°LU. Artinya, Kota Madrid terletak pada belahan bumi bagian utara. Cari lintang 0° dan carilah garis lintang 40°. Kemudian Kota Dacca terletak 90°BT.
Artinya, Kota Dacca terletak pada daerah bujur timur bola dunia. Kota itu dapat dicari pada globe di belahan bujur timur dari garis meridian yang dihitung dari garis meridian 0°.

Globe
Cara mengetahui atau mencari informasi suatu tempat (informasi geografi) dari globe adalah mengetahui derajat garis lintang atau garis bujur. Hal yang pertama dilakukan mencari atau menemukan letak posisi lintang 0° atau garis meridian 0°.

Sekian artikel tentang pengertian globe - macam macam kedudukan globe dan manfaat globe semoga dapat menambah pengetahuan Anda.

Pengertian Dan Manfaat Globe Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin