Informasi Edukasi Melalui Internet

Friday, August 30, 2013

Pengertian Mikroskop dan Bagian Bagian Mikroskop

Pengertian Mikroskop dan Bagian Bagian Mikroskop - Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda-benda mikroskopik yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang. Mikroskop yang pertama ditemukan manusia disebut mikroskop sederhana yang hanya memiliki satu lensa. Mikroskop yang digunakan sekarang tergolong mikroskop majemuk yang terdiri dari dua lensa.
Kemampuan pembesaran mikroskop majemuk lebih tinggi dibandingkan dengan mikroskop sederhana. Mikroskop cahaya modern yang biasa digunakan saat ini memiliki bagian penting seperti lensa objektif yang letaknya dekat dengan obyek yang akan diamati dan biasanya melekat pada alat yang disebut revolver; alat ini dapat diputar, dan berguna sebagai alat pemindah lensa.
Lensa okuler terletak dekat dengan mata pada saat mikroskop digunakan. Lensa obyektif biasanya beberapa buah, dan memiliki pembesaran 5X, 10X, 45X, dan 100X.
Lensa okuler hanya 1 buah atau 2 buah, dan mempunyai pembesaran 5X,10X, atau 15X. Kedua lensa pada mikroskop dihubungkan oleh suatu bagian berbentuk tabung, yang disebut tabung mikroskop.
Mikroskop yang memiliki sebuah lensa okuler, disebut mikroskop monokuler. Mikroskop yang memiliki dua lensa okuler, dinamakan mikroskop binokuler.

Pengertian Mikroskop dan Bagian Bagian Mikroskop
Gambar 5.11 menampilkan perambatan cahaya di dalam mikroskop. Bagian-bagian penting dari mikroskop ditunjukkan oleh Gambar dibawah ini.
Pengertian Mikroskop dan Bagian Bagian Mikroskop 
Dibawah ini ditunjukkan bagian-bagian mikroskop.

A. Lensa okuler
B. Tabung mikroskop
C. Revolver
D. Lensa objektif perbesaran lemah
E. Lensa objektif perbesaran kuat
F. Meja mikroskop
G. Klip
H. Kaki mikroskop
I. Cermin
J. Diafragma
K. Lengan mikroskop atau pegangan
L. Pemutar halus
M. Pemutar kasar

Cahaya yang masuk ke dalam mikroskop diarahkan dengan bantuan cermin.
Terdapat dua macam cermin, yaitu cermin datar dan cermin cekung. Cermin cekung digunakan manakala intensitas sinar sangat lemah atau bila pemakai mikroskop menggunakan sinar lampu. Selain menggunakan cermin, intensitas sinar yang masuk ke dalam mikroskop, dapat pula diatur dengan menggunakan kondensor dan diafragma, masingmasingnya terletak di bawah meja mikroskop.

Meja mikroskop merupakan bidang datar yang berbentuk persegi empat atau bulatan. Pada bagian inilah objek (benda) diletakkan untuk diamati. Agar objek tidak mudah bergeser, biasanya meja mikroskop dilengkapi dengan bagian tambahan yang disebut klip.
Untuk mengatur jarak objek dengan lensa sehingga diperoleh bayangan yang jelas, lensa objektif dapat dinaikkan menjauhi objek ataupun diturunkan mendekati
objek. Untuk menggerakkan lensa objektif ini digunakan bagian mikroskop yang disebut pemutar. Ada dua macam pemutar yaitu pemutar halus dan pemutar kasar. Pemutar halus digunakan untuk menggerakkan lensa objektif secara perlahan-lahan, sedangkan pemutar kasar digunakan untuk mengge-rakkan lensa objektif secara cepat.
Bagian lain mikroskop adalah pegangan atau lengan dan kaki mikroskop. Pegangan yaitu bagian yang dipegang ketika mikroskop diangkat atau dipindahkan, sementara kaki mikroskop ialah bagian mikroskop yang letaknya paling bawah.

Sekian artikel tentang materi pengertian mikroskop dan juga bagian-bagian dari mikroskop. semoga bermanfaat.

Pengertian Mikroskop dan Bagian Bagian Mikroskop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin