Informasi Edukasi Melalui Internet

Thursday, September 12, 2013

Analisis Interpretasi Data dan Menarik Kesimpulan

Analisis Interpretasi Data - Setelah data diolah sedemikian rupa langkah selanjutnya adalah melakukan analisis dan interpretasi data. Dalam melakukan kegiatan analisis, data yang ada disederhanakan sedemikian rupa sehingga mudah untuk dibaca dan diinterpretasikan. Proses analisis seringkali menggunakan statistik. Hal ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menyederhanakan data penelitian yang jumlahnya relatif banyak sehingga menjadi lebih sederhana dan mudah dimengerti.

Analisis Interpretasi Data dan Menarik Kesimpulan
Kegiatan analisis dalam penelitian sosial dapat dibagi dalam dua kelompok, yaitu kegiatan analisis untuk data kategorial yang biasanya menggunakan tabulasi silang dan kegiatan analisis untuk data bersambungan yang biasanya menggunakan bermacam-macam teknik statistik seperti distribusi frekuensi. Adapun data sambungan yang sudah diformat menjadi data kategorial juga dapat menggunakan teknik tabulasi silang.
Melalui kegiatan analisis itulah peneliti dapat menginterpretasikan berbagai data sehingga memiliki makna dan mudah dimengerti. Interpretasi data dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, interpretasi yang dilakukan secara terbatas, yakni peneliti hanya melakukan interpretasi terhadap data dan hubungan-hubungan yang terdapat dalam penelitian. Dengan kegiatan seperti ini secara otomatis interpretasi dilakukan bersamaan dengan kegiatan analisis data. Kedua, interpretasi yang dilakukan dengan cara mencari pengertian yang lebih luas tentang hasil-hasil penelitian yang diperoleh dari analisis. Kegiatan ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil analisisnya dengan kesimpulan yang diperoleh dari penelitian lain dengan menghubungkan kembali hasil interpretasinya dengan teori yang ada.

Menarik Kesimpulan
Kegiatan analisis dan kegiatan interpretasi merupakan landasan bagi peneliti dalam menarik suatu kesimpulan. Sebelum melakukan penarikan kesimpulan, terlebih dahulu peneliti melakukan proses generalisasi. pada dasarnya generalisasi merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan pembentukan gagasan atau simpulan umum dari suatu hal. Proses generalisasi yang dilakukan harus mengacu pada teori yang mendasari penelitian tersebut. Berdasarkan generalisasi itulah suatu kesimpulan diambil. Dengan demikian, generalisasi dan penarikan kesimpulan merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan.

Sekiam artikel tentang analisis interpretasi data menarik kesimpulan, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan ilmu sosiologi Anda.

Analisis Interpretasi Data dan Menarik Kesimpulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin