Informasi Edukasi Melalui Internet

Friday, September 6, 2013

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli - Istilah ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu idein yang memiliki arti melihat. Kemudian istilah ideologi tersebut dalam bahasa Inggris menjadi idea yang memiliki arti gagasan, cita-cita, konsep, serta kata logia yang berarti ajaran. Istilah ideologi adalah ajaran atau ilmu mengenai gagasan dan buah fikiran atau science des ideas. Istilah ideologi ini pertama kali diciptakan oleh Destuct de Tracy, seorang filsuf prancis yang mengemukakan bahwa ideologi sebagai ilmu mengenai gagasan-gagasan yang menunukan jalan kebenaran menuju masa depan. Dengan demikian, ideologi dapat diartikan sebagai falsafah hidup, yang dalam bahasa Jerman disebut dengan Weltanschauung.


Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli


Beberapa pendapat atau pengertian ideologi yang dikemukakan oleh para ahli adalah sebagai berikut :

1. Hegel
Dalam bukunya "An Introduction to Hegel, Freedom, Truth and History" karangan Stephan Houlgate (2005), mensitir pendapat Hegel bahwa ideologi adalah produk kebudayaan dari suatu masyarakat. Dalam arti tertentu, ideologi merupakan menifestasi kenyataan sosial.

2.Soerjanto Poespowardojo
Dalam bukunya yang berjudul "Filsafat Ilmu Pengetahuan" (2000), disebutkan bahwa ideologi adalah konsep pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagat raya dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

3. Dr. Alfian
Dalam bukunya yang berjudul "Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia" (1980), Dr. Alfian berpendapat bahwa ideologi adalah penadangan atau sisitem bilateral yang menyeluruh dan mendalam mengenai cara yang sebaiaknya yaitu secara moral diaggap benar dan adil serta mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

4. Padmo Wijayono
Dalam bukunya yang berjudul "Bungan Rampai Sejarah - Sosial - Ekonomi" (2005), beliau berpendapat bahwa ideologi adalah kesatuan yang bulat dan utuh dari ide-ide dasar.

5.M. Sastrapratedja
Dalam tulisannya yang berjudul "Ide-ide Menerobos" (2003), Sastrapratedja memaknai tentang ideologi adalah seperangkat gagasan atau pemikiran yang berorientasu pada tindakan yang diorganisir menjadi sistem yang teratur.

6. Harold H. Titus
Mengartikan ideologi adalah sebagai suatu istilah yang dipergunakan untuk sekelompok cita-cita. mengenai berbagai macam masalah politik dan ekonomi serta filsafat sosia serta filsafat sosial yang dilaksanakan bagi suatu rencana sistematis tentang cita-cita yang dijalankan oleh kelompok atau lapisan masyarakat.

7. Kirdi Dipoyuda
Mengartikan ideologi sebagai suatu kesatuan gagasan-gagasan dasar yang sistematis dan menyeluruh tentang manusia dan kehidupannya baik individual maupun sosial, termasuk kehidupan negara.
Dengan demikian, pengertian ideologi secara umum merupakan suatu kumpulan gagasan, ide, keyakinan, serta kepercayaan yang bersifat sistematis yang mengarahkan tingkah laku seseorang dalam berbagai aspek kehidupan.

8. Ali Syariati
Mendefinisikan ideologi sebagai keyakinan-keyakinan dan gagasan-gagasan yang ditaati oleh suatu kelompok, suatu kelas sosial, suatu bangsa atau suatu ras tertentu.

Sekian tentanga pengertian Ideologi menurut para ahli, semoga menambah pengetahuan dan dapat menyimpulakan dari pendapat-pendapat para ahli tentang pengertian Ideologi

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin