Informasi Edukasi Melalui Internet

Saturday, May 16, 2015

Penyebab dan Contoh Dampak Pencemaran Tanah

Penyebab dan Contoh Dampak Pencemaran Tanah - Seperti yang telah kita ketahui bahwa sekarang ini banyak sekali pencemaran yang terjadi entah pencemaran udara, air ataupun tanah. Hal tersebut tentunya membuat kita ingin tahu dan menyelidiki tentang apa sebab terjadinya pencemaran tersebut sehingga menimbulkan dampak pada kehidupan kita sehari-hari. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa penyebab, dampak, dan juga pencegahan dan penanggulangan pencemaran tanah.

Penyebab Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah dapat disebabkan oleh beberapa sebab, di antaranya sebagai berikut.
1. Sampah plastik, pecahan kaca, logam maupun karet yang ditimbun dalam tanah.
2. Sisa pestisida dari kegiatan pertanian yang meresap ke tanah.
3. Limbah deterjen yang dibuang ke tanah.
4. Pengikisan lapisan humus (topsoil) oleh air.
5. Deposit senyawa asam dari peristiwa hujan asam.

Dampak Pencemaran Tanah

Sampah plastik, pecahan kaca, logam dan karet yang ditimbun dalam tanah sulit diuraikan pengurai dalam tanah. Keberadaannya dalam tanah dapat menurunkan kesuburan tanah.

penyebab pencemaran tanah, contoh pencemaran tanah dan dampak dan penanggulangan pencemaran tanah
Gambar Ilustrasi Pencemaran Tanah

Pembuangan limbah deterjen dan kandungan pestisida dalam tanah dapat membunuh organisme pengurai dalam tanah sehingga mengganggu proses penguraian senyawa organik. Terkikisnya lapisan humus dari permukaan tanah dapat menurunkan produktivitas tanah, tanah menjadi kurang subur. Deposit senyawa asam dari hujan asam dapat menyebabkan perubahan derajat keasaman (pH) tanah, hal ini berdampak pada aktivitas organisme pengurai dalam tanah. Perubahan keasaman tanah ini juga berpengaruh tidak baik terhadap penyerapan zat hara dari tanah oleh tumbuhan.

Pencegahan dan penanggulangan Pencemaran Tanah

Pencegahan pencemaran tanah bisa diupayakan dengan melakukan daur ulang sampah plastik, logam, kaca, karet. Limbah deterjen sebaiknya jangan dibuang ke tanah, tetapi ditampung ke dalam bak penampungan untuk selanjutnya dilakukan pengendapan, penyaringan, dan penjernihan. Untuk menghindari pengikisan lapisan humus oleh air hujan dapat dilakukan dengan menjaga kelestarian tanaman, karena tanaman dapat menyerap air, seresah dedaunan yang dihasilkan dapat menyerap dan menahan air, serta perakarannya dapat menahan dan mengikat tanah agar tidak mudah tererosi.

Nah, diatas merupakan artikel tentang penyebab pencemaran tanah, contoh pencemaran tanah dan dampak dan penanggulangan pencemaran tanah. Dengan adanya artikel diatas semoga kita bisa mengetahui betapa pentingnya lingkungan yang ada disekitar kita. Tetap jaga bumi kita ya :)

Penyebab dan Contoh Dampak Pencemaran Tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin