Informasi Edukasi Melalui Internet

Thursday, October 10, 2013

Rangka Tubuh Aksial dan Apendikular

Rangka Tubuh Aksial dan Rangka Apendikular - Rangka manusia terdiri atas kurang lebih 206 tulang. Berdasarkan letak tulang-tulang terhadap sumbu tubuh, rangka dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok. Kelompok pertama adalah rangka aksial yang berada di bagian tengah sumbu tubuh. Kelompok kedua, adalah rangka apendikular yang berada di bagian tepi dari sistem rangka aksial.
Rangka aksial terdiri atas tulang kepala (tengkorak), ruas-ruas tulang belakang (vertebrae), tulang dada (sternum), dan tulang rusuk (kosta). Rangka apendikular terdiri atas gelang bahu, anggota gerak atas (tungkai atas), gelang panggul, dan anggota gerak bawah (tungkai bawah).

Rangka Aksial dan Rangka Apendikular


Rangka Aksial
Rangka aksial merupakan tulang-tulang yang berada di bagian tengah sumbu tubuh. Tulang rangka aksial terdiri atas tulang kepala, ruas tulang belakang, tulang dada, dan tulang rusuk.

  1. Tulang Kepala
    Tulang kepala terdiri atas tulang tempurung (kranium) dan tulang rahang. Tulang kepala berfungsi sebagai pelindung otak, organ pendengaran, dan organ penglihatan.
    Rangka Tubuh Aksial dan Apendikular

     
  2. Tulang Belakang (Columna Vertebralis)
    Tulang belakang merupakan penopang tubuh utama. Terdiri atas jejeran tulang-tulang belakang (vertebrae). Di antara tulang-tulang vertebrae terdapat discus invertebralis merupakan tulang rawan yang membentuk sendi yang kuat dan elastis. Discus invertebralis memungkinkan tulang belakang bergerak ke segala arah. Jika dilihat dari samping, tulang belakang membentuk lekukan leher (cervix), lekukan dada (thorax), lekukan pinggul (lumbar), dan lekukan selangkang (sacral).
    Rangka Tubuh Aksial dan Apendikular
  3. Tulang Dada (Sternum) dan Tulang Rusuk (Costa)
    Tulang dada terdiri atas bagian hulu atau tangkai (manubrium sterni), bagian badan (corpus sterni), dan taju pedang (processus xyphoideus). Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang tulang rusuk, yaitu 7 pasang rusuk sejati (costa vera), 3 pasang rusuk palsu (costa spuria), dan 2 pasang rusuk melayang (costa fluctuantes).

    Bersama lekukan thorax pada tulang belakang, tulang dada dan tulang rusuk membentuk rongga dada (thorax) yang melindungi organ-organ penting seperti jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.
Rangka Apendikular
Rangka apendikular meliputi anggota gerak tubuh. Rangka apendikular dapat dikelompokkan menjadi gelang bahu, tulang anggota gerak atas, gelang panggul, dan tulang anggota gerak bawah (Kurnadi, 1992: 148).
  1. Gelang bahu
    Terdapat dua gelang bahu, yaitu kanan dan kiri. Masing-masing gelang bahu terdiri atas tulang selangka (clavicula) dan tulang belikat (scapula).
  2. Tulang anggota gerak atas
    Tulang anggota gerak atas terdiri atas dua tungkai, kanan dan kiri. Masing-masing terdiri atas
    a) tulang lengan atas (humerus);
    b) tulang hasta (ulna);
    c) tulang pengumpil (radius);
    d) 8 tulang pergelangan tangan (carpal);
    e) 5 tulang telapak tangan (metacarpal);
    f) 14 tulang jari tangan (phalanges).
  3. Gelang panggul
    Gelang panggul terdiri atas 2 tulang pinggul (coxae) di kanan dan kiri. Gelang panggul sangat stabil dan berfungsi menahan berat tubuh.
  4. Tulang anggota gerak bawah
    Tulang anggota gerak bawah terdiri atas dua tungkai kaki, kanan dan kiri. Masing-masing terdiri atas
    a) tulang paha (femur);
    b) tulang tempurung (patella);
    c) tulang kering (tibia);
    d) tulang betis (fibula);
    e) 7 tulang pergelangan kaki (tarsal);
    f) 5 tulang telapak kaki (metatarsal);
    g) 14 tulang jari kaki (phalanges).
Sekian artikel tentang rangka tubuh yang terdiri dari rangka tubuh aksial dan rangka tubuh apendikular.

Rangka Tubuh Aksial dan Apendikular Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin