Informasi Edukasi Melalui Internet

Thursday, August 22, 2013

Pengertian Titik Didih dan Titik Embun

Pengertian Titik Didih dan Titik Embun - Berdasarkan hasil pengamatan yang dilukiskan pada grafik Gambar dibawah (d) menunjukkan bahwa suhu air tersebut tidak berubah meskipun air tersebut dalam keadaan mendidih dan air berangsur-angsur berubah menjadi uap air. Dalam keadaan itu air tetap menerima kalor namun suhunya tidak mengalami perubahan. Suhu zat cair pada waktu mendidih disebut titik didih. Sebaliknya, suhu zat gas pada waktu mengembun disebut titik embun. Setiap zat mendidih dan mengembun pada suhu yang sama, titik didih sama dengan titik embun.(sebelumnya : pengertian titik lebur dan titik beku )

pengertian titik didih dan pengertian titik embun

Banyaknya kalor yang diperlukan selama mendidih bergantung pada massa zat dan kalor uap. Kalor uap adalah banyaknya kalor yang diserap oleh 1 kg zat untuk menguap pada titik didihnya. Sedangkan banyaknya kalor yang dilepaskan selama mengembun bergantung pada massa zat dan kalor embun. Kalor embun adalah banyaknya kalor yang dilepaskan oleh 1 kg zat untuk mengembun pada titik embunnya. Kalor uap sama dengan kalor embun. Jumlah kalor yang diserap selama zat menguap dan jumlah kalor yang dilepas zat selama mengembun, besarnya dapat dihitung dengan persamaan berikut.

Q = m L

Keterangan:
Q = kalor yang diserap atau dilepas (J)
m = massa zat (kg)
U = kalor uap atau kalor embun (J kg-1)

Apabila diperhatikan grafik pada Gambar paling atas menunjukkan bahwa di bagian (b) dan (d), keadaan grafik itu mendatar. Ini menunjukkan bahwa pada waktu es mencair dan air mendidih, suhunya tidak mengalami peningkatan meskipun terus diberi kalor. Kalor yang diberikan oleh api tidak digunakan untuk menaikkan suhu, namun digunakan untuk mengubah wujud zat dari padat menjadi cair atau dari cair menjadi uap. Pengaruh kalor itu tidak terlihat berupa kenaikkan suhu. Kalor yang diterima zat itu seakan-akan tersembunyi. Oleh karena itu, kalor yang digunakan untuk mengubah wujud zat disebut kalor laten (“laten” berarti tersembunyi, tidak terlihat).

Nah, sudah mengerti artikel tentang pengertian titik didih dan pengertian titik embun? semoga dapat dimengerti dan di pahami. Terimaksih telah berkunjung di pengertian titik didih dan titik embun.

Pengertian Titik Didih dan Titik Embun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin