Informasi Edukasi Melalui Internet

Saturday, July 13, 2013

Ciri-Ciri Kehidupan Masa Berburu Dan Meramu

Ciri-Ciri Kehidupan Masa Berburu Dan Meramu - Masa Berburu dan Meramu
Masa berburu dan meramu merupakan masa paling awal manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Ketersediaan kebutuhan hidup oleh alam merupakan sumber utama kehidupan mereka. Bagaimana proses kehidupan pada masa ini?


1) Mencari dan Mengumpulkan Makanan (Foodgathering)
Ciri-Ciri Kehidupan Masa Berburu Dan Meramu - Manusia praaksara pada awalnya hanya memenuhi kebutuhan hidupnya dari mencari dan mengumpulkan makanan. Mereka belum mengenal bercocok tanam, apalagi tempat tinggal. Makanan yang dikumpulkan berupa jenis ubi-ubian, buah-buahan, keladi ataupun daun-daunan. Bahan makanan yang dikumpulkan tidak dimasak terlebih dahulu, tetapi langsung dimakan karena pada saat itu manusia purba belum mengenal api untuk memasak.
Mereka menggunakan alat berburu dari ketersediaan alam juga, seperti kayu, batu, atau tulang hewan yang telah mati. Alat-alat yang digunakan masih sangat sederhana dan kasar.

2) Hidup Berkelompok
Pada umumnya, manusia purba hidup secara berkelompok. Mereka memilih tempat yang banyak bahan makanan dan air. Padang rumput dan hutan yang berdekatan dengan sungai mereka pilih sebagai tempat hidup berkelompok. Tempat tersebut dipilih karena banyak terdapat bahan makanan dan dilewati binatang buruan.

3) Bertempat Tinggal Sementara
Ciri-Ciri Kehidupan Masa Berburu Dan Meramu - Pada perkembangannya, sebagian manusia purba ada yang mulai bertempat tinggal sementara. Kehidupan berpindah-pindah (nomaden) Mereka biasanya tinggal di gua-gua, tepi danau, ataupun di ceruk-ceruk di tepi pantai. Tempat-tempat tersebut mereka gunakan untuk berteduh dan menimbun bahan makanan.

Ciri-Ciri Kehidupan Masa Berburu Dan Meramu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin