Informasi Edukasi Melalui Internet

Saturday, July 13, 2013

Masa Bermukim dan Bercocok Tanam Manusia Purba

Masa Bermukim dan Bercocok Tanam Manusia Purba - Sebelumnya Kehidupan Masa Berburu Dan Meramu - Melalui pengalaman hidupnya, manusia purba menemukan cara baru untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka menemukan cara bercocok tanam. Seiring dengan masa bercocok tanam, mereka mulai hidup menetap. Kebudayaan lainnya ikut berkembang dengan pesat. Alat pertanian berkembang semakin maju. Begitu pula dengan sistem sosial dan sistem kepercayaan mulai terbina secara teratur.
Masa bermukim dan bercocok tanam sering disebut masa revolusi kebudayaan. Hal ini didasarkan pada terjadinya perubahan besar pada berbagai corak kehidupan manusia purba.

indonetedu.blogspot.com - Masa Bermukim dan Bercocok Tanam Manusia Purba

Pada kebudayaan manusia purba, masa ini juga menandai mulainya zaman Neolithikum (zaman batu baru). Pendukung utama kebudayaan ini adalah manusia Homo Sapiens. Jenis manusia purba ini sering disebut ’si cerdas’ karena sudah menggunakan akal pikiran secara sempurna.
Kehidupan masa bermukim dan bercocok tanam meliputi berikut ini.

1) Kehidupan Bermukim dan Berladang
Masa Bermukim dan Bercocok Tanam Manusia Purba - Manusia purba memulai kegiatan berladang dengan membakar hutan untuk dijadikan ladang baru. Mereka juga melakukan kegiatan berburu dan menangkap ikan serta kegiatan beternak. Hewan yang diternakkan, antara lain kerbau, sapi, kuda, babi ataupun unggas.
Pada tahap ini, manusia tidak lagi hanya bergantung pada alam. Mereka sudah mengusahakan dan menghasilkan bahan makanan sendiri, yaitu dengan bercocok tanam dan beternak. Cara hidup seperti ini biasa disebut food producing.

2) Kehidupan Bercocok Tanam di Persawahan
Jumlah penduduk food producing semakin meningkat. Jenis tanaman yang ditanam juga semakin bertambah. Padi jenis ’gogo’ yang biasa ditanam di tanah kering mulai dikembangkan. Mereka mulai mengenal cara membuat pematang-pematang untuk menahan air dan saluran air

Artikel Lainnya : Jenis Manusia Purba

Sekian artikel tentang masa bermukim dan bercoock tanam manusia purba, semoga dapat menambah pengetahuan sosial sejarah tentang jenis-jenis manusia purba dan juga kehidupan nya.

Masa Bermukim dan Bercocok Tanam Manusia Purba Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin