Informasi Edukasi Melalui Internet

Sunday, July 14, 2013

Pengertian Dan Macam Macam Kontak Sosial

Pengertian Dan Macam Macam Kontak Sosial - Komunikasi dibutuhkan dalam hidup manusia karena manusia adalah zoon politicon (manusia sebagai makhluk sosial). Artinya, manusia tidak dapat hidup sendiri dan selalu saling bergantung pada orang lain.

Pengertian Dan Macam Macam Kontak Sosial

a. Kontak Sosial
Pengertian Kontak Sosial. Kontak sosial adalah hubungan antarindividu atau antarkelompok dalam sebuah komunitas. Apa guna kontak sosial? Kontak sosial berguna untuk saling bertukar berita dan bertukar informasi. Bagaimana jika kita tidak melakukan kontak sosial? Hal tersebut tidak mungkin terjadi. Kita pasti akan melakukan kontak sosial selama kita masih berada di tengah komunitas masyarakat. Kontak sosial merupakan syarat penting terjadinya interaksi sosial.

Ada beberapa macam kontak sosial yang dapat kita pelajari bersama. Berikut uraiannya.

1. Kontak Sosial menurut Cara atau Metode 
a. Kontak Sosial Primer
Tipe ini melibatkan sedikitnya dua orang untuk saling memberikan dan menerima informasi. Tentunya informasi ini berguna untuk minimal kedua orang tersebut.
b. Kontak Sosial Sekunder
Pengertian Kontak Sosial Skunder - Kontak sosial sekunder adalah hubungan minimal dua orang dengan alat bantu. Alat itu biasanya disebut dengan media komunikasi. Media kontak ini ada beberapa jenis, pertama dengan media komunikasi tulis, seperti surat. Media ini digunakan masyarakat atau seseorang yang ingin berkomunikasi, tetapi dibatasi jarak dan waktu.
Media berikutnya adalah telepon, dengan telepon kita dapat berbicara seolah-olah seseorang tersebut ada di dekat kita. Konsekuensinya adalah biaya yang kita keluarkan lebih mahal daripada surat. Perkembangan telepon sekarang sangat maju dengan ditemukannya model telepon seluler. Kelebihan telepon seluler tidak hanya untuk bicara, tetapi dapat juga dengan variasi komunikasi teknologi 3G (Video Streaming). Kita dapat berbicara dan melihat lawan bicara kita, hebat bukan!
Media lainnya adalah metode visual, yaitu adanya siaran televisi. Dengan media siaran televisi, kita dapat melihat banyak hal di belahan dunia lain. Media komunikasi yang terbaru dengan menggunakan Internet. Melalui Internet, dunia seolah sangat kecil dan kita dapat mengakses semua informasi dengan bebas.

2. Kontak Sosial menurut Jumlah Pelaku
a. Kontak Sosial Antarindividu
Kontak sosial antarindividu adalah model kontak sosial antarpribadi dengan kepentingan intern pribadi tersebut. Model ini terdapat dalam masyarakat dan kalian juga melakukan hal tersebut dalam kehidupan ini. Bentuk kontak sosial ini dari berjabat tangan, menegur sapa, sampai saling bercakap. Bahan kontak sosial tentu berkaitan dengan masalah yang dihadapi dalam keseharian. Mulai masalah perekonomian, masalah pekerjaan, atau masalah mereka yang berdampak pada lingkungan mereka secara luas.
b. Kontak Sosial Antarkelompok
Kontak sosial model ini dilakukan dengan dasar komunal. Apa arti komunal? Komunal adalah bersama-sama dan melibatkan banyak orang. Kontak sosial model ini biasanya terjadi jika ada masalah yang melibatkan dua kelompok besar. Apakah kalian pernah bermain sepak bola dengan kelas lain? Tentu kalian pernah melakukan hal tersebut, itulah yang dinamakan kontak sosial antarkelompok.
c. Kontak Sosial Antarkomunal dan Individu
Pernahkah kalian melihat Bapak Presiden SBY berpidato di hadapan para tamu negara atau di hadapan para mahasiswa? Pernahkah kalian melihat ayah kalian berbicara di hadapan anggota keluarga lain? Atau kalian sendiri berbicara mengutarakan idemu di hadapan anggota kelas? Hal serupa juga dilakukan guru kalian saat menjelaskan materi pembelajaran di kelas dengan model ceramah. Itulah contoh konkret dari bentuk kontak sosial antara individu dengan komunal. Bentuk kontak sosial ini sering dilakukan dalam lingkup kepemimpinan.

Dari sisi informasi, tentulah informasi yang disampaikan sangat penting dan memiliki dampak luas. Dengan demikian, banyak orang harus mendengar dan mencermati informasi tersebut. Contohnya, yaitu saat kita melihat orasi seseorang di depan para peserta demonstrasi. Sistem kontak sosial dalam masyarakat dilakukan oleh orang yang dianggap memiliki kedudukan dan berkaitan dengan kebijakan masyarakat. Misalnya, ketua RT, ketua RW, dan lurah.

Kedua macam bentuk kontak sosial di atas dapat berpeluang menjadi negatif. Peluang negatif ini terjadi karena adanya benturan kepentingan dan tujuan antarpelaku kontak sosial. Benturan kepentingan ini dapat berupa konflik dalam tataran ide, konsep, ataupun pelaksanaan. Misalnya, saat terjadi kontak sosial antar pelajar yang didahului dengan kepentingan untuk saling menjelekkan. Saat seseorang memiliki ide berbeda pasti terjadi perselisihan pendapat karena idenya tidak sama. Misalnya, golongan Ateis berselisih paham dengan golongan Agamis. Di bawah ini kita akan membandingkan bentuk kontak sosial yang terjadi dalam masyarakat.

Sekian artikel tentang Pengertian Dan Macam Macam Kontak Sosial semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang interaksi sosial Anda.

Pengertian Dan Macam Macam Kontak Sosial Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin