Informasi Edukasi Melalui Internet

Tuesday, July 9, 2013

Peran Masyarakat Dalam Keragaman Budaya

Peran Masyarakat Dalam Keragaman Budaya - Kebudayaan masyarakat yang ada di Indonesia sangat beraneka ragam karena terdiri atas bermacam-macam suku bangsa, ras, agama, bahasa, adat istiadat, politik, dan masih banyak lagi.
Keragaman budaya yang ada inilah yang menyebabkan masyarakat di Indonesia menjadi unik dan juga berbeda dengan masyarakat yang lainnya yang berada di dunia.


Dibawah ini merupakan peran masyarakat dalam keragaman dan keselarasan budaya :
  1. Menegakan supremasi hukum, yang artinya suatu peraturan formal harus berlaku pada semua warga negara tanpa memandang kedudukan sosial, ras, etnik, dan agama yang mereka anut.
  2. Mengembangkan sikap saling menghargai terhadap nilainilai dan norma sosial yang berbeda-beda dari anggota masyarakat, tidak mementingkan kelompok, ras, etnik, atau kelompok agamanya.
  3. Meninggalkan sikap primordialisme, terutama yang menjurus pada sikap etnosentrisme dan ekstremisme ( berlebih-lebihan)
  4. Mengembangkan rasa nasionalisme, terutama melalui penghayatan wawasan berbangsa dan bernagara, namun menghindari sikap chauvinisme yang akan mengarah pada sikap extrem dan menutup diri akan perbedaan yang ada di masyarakat.
  5. Menyelesaikan semua masalah atau konflik dengan cara yang akomodatif melalui mediasi, kompromi dan ajudikasi.
  6. Mengembangkan kesadaran sosial.
Nah, sekian artikel tentang peran masyarakat dalam keragaman budaya. semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang keragaman budaya yang ada di Indonesia ini.

Peran Masyarakat Dalam Keragaman Budaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin