Informasi Edukasi Melalui Internet

Wednesday, July 17, 2013

Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Pengukuran, Besaran Dan Satuan

Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Pengukuran, Besaran Dan Satuan-  Dibawah ini merupakan artikel rangkuman tentang mata pelajaran ilmu pengetahuan alam yang dapat dijadikan bahan belajar. Setidaknya dalam Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Pengukuran, Besaran Dan Satuan dibawah ini merupakan garis besar yang ada dalam materi BAB 1 tentang pengukuran yang diajarkan di kelas 7 SMP.

Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Pengukuran, Besaran Dan Satuan

Pengertian Pengukuran


1. Mengukur pada hakikatnya adalah membandingkan suatu besaran dengan besaran sejenis yang dipakai sebagai satuan.
2. Satuan pengukuran baku memiliki nilai tetap dan disepakati oleh semua orang sehingga dapat dipakai sebagai pembanding.
3. Sistem satuan yang berlaku di seluruh dunia adalah sistem satuan Internasional (SI). Satuan SI dasar dapat diperbesar atau diperkecil dengan menambahkan awalan: kilo (k) artinya 1000 kali, hekto (h) artinya 100 kali, deka (da) artinya 10 kali, desi (d) artinya 1/10 kali, senti (c) artinya 1/100 kali, mili (m) artinya 1/1000 kali dan mikro (m) artinya 1/1000000 kali.

Besaran dan Satuan


1. Besaran mengandung dua komponen, yaitu: nilai dan satuan. Besaran dibedakan menjadi dua, yaitu: besaran pokok dan besaran turunan.
2. Besaran pokok memiliki satuan yang didefinisikan sendiri dan disepakati dalam Konferensi Internasional tentang Berat dan Ukuran. Contohnya: panjang satuannya meter, massa satuannya kilogram dan waktu satuannya sekon.
3. Besaran turunan disusun dari besaran-besaran pokok, karena itu satuannya juga dibentuk oleh satuan-satuan besaran penyusunnya. Contoh: volume satuannya meter kubik (m3) disusun dari besaran pokok panjang.

Sekian artikel tentang rangkuman Ilmu Pengetahuan Alam kelas 7 SMP Bab 1 Tentang pengukuran, besaran dan juga satuan.

Artikel Ringkasan Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Pengukuran, Besaran Dan Satuan

Rangkuman IPA Kelas 7 BAB 1 Pengukuran, Besaran Dan Satuan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin