Informasi Edukasi Melalui Internet

Wednesday, September 18, 2013

Pengertian dan Ciri Ciri Protista

Pengertian dan Ciri Ciri Protista - Protista adalah kelompok makhluk hidup yang mempunyai ciri-ciri morfologi dan fisiologi seperti tumbuhan, hewan, dan jamur. Sebagian anggota protista bersifat parasit (merugikan) tetapi ada pula yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, misalnya untuk memadatkan es krim.

Protista merupakan suatu organisme yang sel penyusunnya memiliki inti yang bersifat eukariotik, sama seperti tumbuhan atau hewan tingkat tinggi. Inti sel mengandung kromosom dan pada reproduksi vegetatif sel mengalami pembelahan secara mitosis.

Protista


Sitoplasmanya mengandung mitokondria dan vakuola-vakuola, membran selnya mempunyai hubungan kontinyu dengan endoplasmik retikulum dan membran inti. Alat pergerakannya (silia, flagel) merupakan susunan benang-benang yang kompleks. Tempat hidupnya ada yang di air tawar, laut, dan darat. Parasit pada organisme lain. Hidupnya ada yang soliter (sendiri-sendiri) membentuk koloni metaseluler.

Ciri-ciri Protista secara Umum

1) Eukariotik
2) Uniselular atau multiselular koloni
3) Umumnya respirasi aerobik
4) Tidak memiliki jaringan sebenarnya
5) Reproduksi dengan Konjugasi

Karena bersifat polifiletik, secara garis besar Protista dibagi menjadi :
  1. Protista mirip jamur
  2. Protista mirip tumbuhan (alga)
  3. Protista mirip jamur (protozoa)
Untuk mengetahui lebih jauh tentang ketiga garis besar jenis protista tersebut silahkan kunjungi link-link diatas. Sekian mengenai artikel tentang pengertian prostista dan ciri-ciri protista.

Pengertian dan Ciri Ciri Protista Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin