Informasi Edukasi Melalui Internet

Monday, September 2, 2013

Pengertian Organisme Autotrof dan Heterotrof

Pengertian Organisme Autotrof dan Heterotrof - Banyak sekali organisme yang tersebar di Bumi ini dan ada cara-cara tertentu yang digunakan untuk mempertahankan hidup organisme tersebut. Kali ini INDO NET EDU akan berbagi tentang autotrof dan heterotrof yang mungkin belum kalian kenal apa pengertian dan penjelasan dari bentuk organisme tersebut.

Pengertian Organisme Autotrof

Tumbuhan hijau mampu mengubah energi ke dalam bentuk makanan selama fotosintesis. Fotosintesis ini terjadi karena tumbuhan mengandung klorofil yang mampu menangkap energi matahari.
Manusia dan organisme lain yang tidak memiliki klorofil tidak dapat melakukan fotosintesis, sehingga untuk mendapatkan energi tergantung pada tumbuhan, baik secara langsung atau tidak langsung.
Tumbuhan adalah contoh organisme yang mampu membuat makanan mereka sendiri, sehingga dikenal sebagai organisme autotrof. Autotrof adalah organisme yang dapat menyusun makanan sendiri. Tumbuhan dikenal sebagai foto autotrof karena mereka menggunakan energi sinar untuk menghasilkan makanan melalui fotosintesis.
Contoh organisme autotrof adalah Tumbuhan Palem raja (Gambar 9. 8). Mereka umumnya autotrof darat, tetapi alga dan beberapa organisme sel tunggal juga mampu berfotosintesis. Beberapa autotrof tidak dapat menggunakan sinar matahari sebagai sumber energinya. Sebagai gantinya, mereka menggunakan cadangan energi dalam senyawa.

Tumbuhan Heterotrof

Pengertian Organisme Heterotrof

Bila suatu organisme tidak dapat membuat makanannya sendiri, maka ia akan mendapatkan energi dengan beberapa cara. Kita dapat mengamati bagaimana tikus makan biji-bijian. Tikus adalah heterotrof, organisme yang tergantung pada organisme lain untuk mendapatkan nutrien dan energi. Organisme lain apa yang diklasifikasikan sebagai heterotrof?



Ada beberapa tipe heterotrof, seperti pada Gambar 9.9. Organisme yang hanya makan tumbuhan atau produsen disebut herbivor. Organisme yang hanya makan hewan disebut karnivor. Organisme yang makan baik produsen dan konsumen dikenal dengan omnivor.

Sekian artikel tentang pengertian organisme autotrof dan heterotrof, semoga bisa menambah pengetahuan Anda.

Pengertian Organisme Autotrof dan Heterotrof Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin