Informasi Edukasi Melalui Internet

Monday, September 2, 2013

Pengertian Rantai Makanan dan Jaring Makanan Ekosistem

Pengertian Rantai Makanan dan Jaring Makanan Ekosistem -  hewan dan tumbuhan yang ada hidup dibumi ini agar keberlangsungan hidupnya tetap terjaga maka harus adanya keseimbangan ekosistem agar kemudian hewan dan tumbuhan yang hidup itu tetap terjaga kelestariannya.
Dalam ekosistem kita mengenal adanya rantai makanan dan juga jaring-jaring makanan yang bila digambarkan maka akan terjadi makan dan dimakan oleh makhluk hidup pemburunya. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian rantai makanan bisa Anda lihat dibawah ini :

Rantai Makanan
Bila hewan yang merupakan konsumen memakan tumbuhan, maka energi yang ada pada tumbuhan berpindah ke hewan. Kemudian hewan- hewan
tersebut dimakan oleh hewan lain, yang juga akan dimakan hewan lain. Secara bertahap energi makanan berpindah dari satu hewan ke hewan
berikutnya. Energi juga berpindah saat pengurai menguraikan organisme yang telah mati. Hubungan organisme ini seperti rangkaian dalam suatu rantai.
Rantai makanan merupakan model bagaimana energi dalam makanan berpindah dari organisme ke organisme yang lain dalam ekosistem.

Pengertian Rantai Makanan - Jaring Makanan Ekosistem

Gambar diatas menunjukkan komponen-komponen rantai makanan yang sederhana.
Tumbuhan menghasilkan makanan untuk dirinya sendiri yang disimpan dalam akar, batang dan daun. Hewan makan tumbuhan, dan selanjutnya hewan tersebut dimakan oleh hewan lain. Dengan cara ini energi dari matahari disebarkan ke seluruh ekosistem.

Jaring Jaring Makanan
Hubungan makan dan dimakan pada satu rantai makanan seperti di atas tergolong sederhana. Namun demikian banyak organisme memperoleh makanan lebih dari satu sumber. Sebagai contoh beruang makan ikan, buah beri, madu dan serangga. Burung hantu makan bermacam-macam hewan mengerat dan ular. Kadang-kadang satu jenis makanan dapat menjadi sumber makanan untuk beberapa organisme yang berbeda. Sebagai contoh rumput dimakan oleh kelinci, lembu, kijang dan kuda. Sebagai akibatnya satu organisme dapat menjadi bagian dari beberapa rantai makanan yang berbeda.

Pengertian Rantai Makanan - Jaring Makanan Ekosistem

Bila rantai-rantai makanan yang berhubungan dikombinasikan atau digabung maka terbentuklah jaring makanan. Jaring makanan adalah gabungan dari rantairantai makanan yang tumpang tindih dalam ekosistem.

Konsumen dengan beberapa macam makanan, memiliki kesempatan hidup yang lebih baik dibandingkan dengan konsumen yang sumber makanannya terbatas.
Bila terjadi sesuatu yang memusnahkan salah satu jenis persediaan makanan, konsumen dapat memilih makanan lain dari rantai makanannya dalam jaring makanan.

Sekian artikel tentang pengertian rantai makanan dan jaring makanan yang ada dalam ekosistem.

Pengertian Rantai Makanan dan Jaring Makanan Ekosistem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin