Informasi Edukasi Melalui Internet

Tuesday, August 5, 2014

Contoh Simbiosis Mutualisme Komensalisme dan Parasitisme

Contoh Simbiosis Mutualisme Komensalisme dan Parasitisme - Apa itu pengertian dari simbiosis mutualisme? komensalisme? dan parasitisme? dibawah ini akan dijelaskan tentang definisi dari simbiosisi mutualisme, komensalisme dan parasitisme.

Pengertian dan Contoh Simbiosis Mutualisme
Interaksi yang terjadi dalam bentuk hidup bersama antara dua individu yang berbeda jenis dalam suatu komunitas, maka disebut simbiosis. Salah satu macam simbiosis adalah simbiosis mutualisme.
Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang hidup dalam suatu komunitas dan dua organisme itu saling tergantung antara satu dengan yang lainnya. Kedua organisme mendapat keuntungan dari interaksi ini.
Simbiosis mutualisme terjadi di antara anggota lima kerajaan.

Contoh Simbiosis Mutualisme Komensalisme dan Parasitisme

Suatu contoh interaksi antara hewan dan protista dapat dilihat pada kayu mati yang mengandung rayap. Rayap adalah serangga yang makan kayu. Rayap tidak dapat mencerna kayu. Rayap tidak dapat menggunakan kayu sebagai energinya bila tidak ada protista yang hidup di dalam usus rayap. Protista dapat mencerna kayu sehingga rayap dapat menggunakan kayu sebagai sumber energinya. Protista mempunyai rumah di dalam usus rayap dan menggunakan kayu untuk sumber energinya.
Manusia dapat melaksanakan simbiosis mutualisme dengan organisme lainnya. Contohnya bakteri yang hidup di usus manusia. Bakteri membentuk vitamin B12 bagi manusia, yang menyediakan makanan dan rumah bagi bakteri.

Pengertian dan Contoh Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme dapat dilihat pada contoh Gambar dibawah. Simbiosis Komensalisme adalah interaksi antara dua organisme yang hidup dalam komunitas, satu organisme mendapat keuntungan sedangkan organisme lain tidak dirugikan.

Contoh Simbiosis Mutualisme Komensalisme dan Parasitisme

Contoh simbiosis komensalisme adalah interaksi antara tanaman anggrek yang hidup pada suatu pohon. Tanaman anggrek menempel pada batang pohon yang cukup tinggi, karenanya ia dapat memperoleh sinar matahari untuk proses fotosintesis. Bayangkan bila tanaman anggrek menempel di tempat yang dekat tanah, tentunya akan sulit untuk memperoleh sinar matahari karena terhalang tumbuhan yang besar. Pada interaksi tersebut tanaman anggrek dibantu oleh pohon (mendapat keuntungan), sedangkan pohon tidak mendapat apa-apa dari anggrek (tidak dirugikan).

Pengertian dan Contoh Simbiosis Parasitisme
Parasitisme adalah interaksi antara dua organisme, organisme yang satu mendapat keuntungan dan organisme lain mendapatkan kerugian. Ingat parasit hidup merongrong organisme lain.
Makhluk hidup yang menjadi tempat tinggal parasit disebut inang (host). Inang jarang terbunuh pada interaksi ini. Apa yang terjadi pada parasit bila ia membunuh inangnya?
Banyak organisme yang merupakan parasit.
Contoh Simbiosis Mutualisme Komensalisme dan Parasitisme
Kutu yang telah kamu kenal adalah parasit. Kutu menggunakan darah anjing atau hewan lain untuk makanannya. Pada interaksi ini kutu mendapatkan keuntungan dan hewan sebagai inang dirugikan. Ada contoh parasit lainnya yang umum, yaitu bila kamu sakit, kesempatan bagi bakteri dan virus menggunakan tubuhmu sebagai inang. Kadangkadang kamu mungkin sakit tenggorokan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang hidup di tenggorokanmu dan menggunakan tubuhmu sebagai inang. Bakteri tumbuh dan berkembang biak. Mereka menghasilkan bahan kimia yang mengiritasi jaringan tenggorokanmu dan mengganggu fungsi sistem tubuhmu yang lain.

Predasi
Ada interaksi lainnya dalam komunitas, satu organisme mendapat keuntungan dan organisme yang lain dirugikan. Interaksi ini disebut predasi, atau interaksi pemangsa (predator) – mangsa (prey). Hewan yang memburu, membunuh, dan makan hewan lain adalah predator. Prey adalah hewan yang dibunuh dan dimakan predator. Tidak seperti parasitisme, dalam predasi predator membunuh mangsanya.

Seian artikel tentang pengertian simbiosis dan juga contoh simbiosis mutualisme, komensalisme dan parasitisme. Semoga bermanfaat.

Contoh Simbiosis Mutualisme Komensalisme dan Parasitisme Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin