Informasi Edukasi Melalui Internet

Tuesday, October 1, 2013

Fungsi Vakuola dan Dinding Sel

Fungsi Vakuola dan Dinding Sel - Setelah sebelumnya admin membahas materi tentang fungsi lisosom, sentirol dan juga plastida selanjutnya admin INDO NET EDU akan membahas tentang fungsi vakuola dan juga fungsi dinding sel yang masih dalam cakupan Biologi.

Fungsi Vakuola
Vakuola merupakan organel yang terdapat di tumbuhan. Vakuola berisi air yang terlarut di dalamnya berbagai mineral, gula, asam-asam organik dan bahan-bahan lain. Sel-sel muda memiliki beberapa vakuola yang berukuran kecil.

Fungsi Vakuola dan Dinding Sel
Gambar Ilustrasi Vakuola
Namun, pada sel dewasa satu vakuola yang berukuran besar terkadang mendominasi sel. Pada umumnya, sel-sel hewan tidak memiliki vakuola. Akan tetapi, protozoa dapat membentuk vakuola makanan, tempat makanan diperoleh dan dicerna. Sisa makanan ditampung dalam vakuola kontraktil untuk dibuang.

Fungsi Vakuola diantaranya :
  1. memelihara tekanan osmotik sel
  2. penyimpanan hasil sintesa berupa glikogen, fenol, dll
  3. mengadakan sirkulasi zat dalam sel

Fungsi Dinding Sel
Salah satu struktur lagi yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan adalah dinding sel. Dinding sel berada di bagian luar membran sel. Ketika sel menyerap air, dinding sel berfungsi mencegah sel menggembung melewati batas maksimum. Dinding sel biasanya terbuat dari selulosa. Tidak seperti membran sel, dinding sel memiliki pori yang dapat melewatkan hampir berbagai jenis zat. Pada beberapa jenis tumbuhan dewasa, selnya membentuk dinding sekunder.


Referensi Artikel Fungsi Vakuola dan Dinding Sel :
skp.unair.ac.id/repository/Guru-Indonesia/StrukturdanFungsi_HeryPurnobasuki_238.pdf, P:4
Praktis Belajar Biologi Kelas XI SMA/MA, P:8-9 Fictor Ferdinand P. & Moekti Ariebowo, Pusat Perbukuan Pendidikan Nasional

Sekian artikel tentang fungsi vakuola dan juga dinding sel semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda.

Fungsi Vakuola dan Dinding Sel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Admin